Upacara Peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia di Lingkungan Sekretariat KPU Kabupaten Lampung Utara

    38

    Kotabumi, kpu-lampungutara.go.id – Sabtu (17/08/2019) pagi, segenap jajaran Komisioner dan sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Utara melaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-74 yang bertempat di halaman kantor KPU Kabupaten Lampung Utara. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Ketua KPU Kabupaten Lampung Utara, Marthon, sedangkan sebagai Komandan Upacara adalah Syaiful Anuar, Staf Sub Bagian Keuangan, Umum dan Logistik Sekretariat KPU Kabupaten Lampung Utara.

    Dalam sambutannya, Marthon membacakan sambutan ketua KPU Republik Indonesia. Yang mengatakan bahwa tema HUT ke-74 Kemerdekaan RI adalah “SDM Unggul, Indonesia Maju”, terkait dengan tema tersebut KPU juga mencanangkan suatu sub tema yakni “SDM KPU Unggul, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota serentak tahun 2020 sukses”. Sub tema tersebut menekankan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di jajaran KPU harus selalu diupayakan guna meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pemilihan Umum di masa mendatang.

    “Kita sudah punya modal besar dengan suksesnya penyelenggaraan Pemilihan Presiden dan Pemilihan Anggota DPR, DPD dan DPRD serentak tahun 2019. Kita semua patut berbangga bahwa penyelenggaraan Pemilihan Presiden dan Pemilihan Anggota DPR, DPD dan DPRD serentak tahun 2019 ini telah berjalan dengan aman dan sukses.” ujar Marthon.

    Indikator suksesnya Pemilu tersebut, lanjut Marthon, setidaknya dapat dilihat dari tidak adanya gangguan keamanan yang berarti selama penyelenggaraan Pemilu serta meningkatnya tingkat partisipasi pemilih yang menyentuh 81,97 % dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, serta 81,69 % dalam Pemilihan DPRD, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

    (YP/red)