Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Perseorangan Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Kabupaten Lampung Utara Tahun 2018 Resmi Ditutup

479

Kotabumi, kpu-lampungutara.go.id – Komisi pemilihan umum (KPU) Kabupaten Lampung Utara membuka pendaftaran bagi Bakal Pasangan Calon Perseorangan yang ingin mendaftarkan diri sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lampung Utara Tahun 2018. Hal Ini sebagaimana tertuang dalam surat edaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Utara Nomor 168/PL.03.2-PU/1803/KPU-KAB/XI/2017 tentang Penyerahan Syarat Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Utara Tahun 2018. Surat edaran ini mengacu pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018, serta berdasarkan pasal 14 ayat 3 dan pasal 15 Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Pendaftaran Pasangan Calon Perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lampung Utara ini di buka dari tanggal 25 hingga 29 November 2017 pukul 24.00 WIB yang bertempat di Kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lampung Utara, Jalan Merpati No. 468, Kel Tanjung Aman, Kec. Kotabumi Selatan. Untuk mendaftarkan diri sebagai Bakal Pasangan calon perseorangan setidaknya ada beberapa persyaratan yang harus di lengkapi seperti menyerahkan formulir isian dalam bentuk hardcopy model B.1 KWK Perseorangan atau Model B.1 KWK Perseorangan Kolektif sebanyak 3 (Tiga) rangkap (1 rangkap asli dan 2 rangkap salinan) berdasarkan Desa atau Kelurahan yang dikelompokkan dalam Kecamatan serta format Excel untuk Softcopy yang dapat di download pada website KPU Kabupaten Lampung Utara. Bakal Pasangan Calon perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lampung Utara yang hendak mendaftarkan diri juga diwajibkan untuk mengakses apikasi Sistem Informasi Pencalonan (SILON), namun bagi perwakilan yang hendak mengakses aplikasi SILON harus terlebih dahulu mendapatkan surat mandat oleh Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil yang hendak mendaftar. Username dan password yang digunakan untuk mengakses aplikasi ini dapat diperoleh dari KPU Kabupaten Lampung Utara.

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lampung Utara juga telah menetapkan batas minimum Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lampung Lampung Utara Tahun 2018 berdasarkan Keputusan KPU Kabupaten Lampung Utara Nomor 17/HK.03.1-Kpt/1803/KPU-Kab/IX/2017 yang bersumber dari hasil Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014. Keputusan KPU Kabupaten Lampung Utara Nomor 17/HK.03.1-Kpt/1803/KPU-Kab/IX/2017 mensyaratkan bagi seorang yang mendaftarkan diri sebagai Bakal Pasangan calon perseorangan harus memperoleh dukungan minimal 37.255 (Tiga Puluh Tujuh Ribu Dua Ratus Lima Puluh Lima) yang tersebar minimal di 12 (Dua Belas) Kecamatan di Wilayah Kabupaten Lampung Utara.

Hingga Waktu pendaftaran berakhir Komisi pemilihan Umum Kabupaten Lampung Utara belum menerima berkas calon perseorang Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lampung Utara untuk pemilihan di Tahun 2018. Hal ini mungkin disebabkan karena persyaratan minimum dukungan yang harus di penuhi cukup sulit yakni di buktikan dengan 37.255 (Tiga Puluh Tujuh Ribu Dua Ratus Lima Puluh Lima) KTP dan sebaran suara di minimum 12 (Dua Belas) Kecamatan di Wilayah Kabupaten Lampung Utara. (Red :Rangga)